Pertemuan 4 (Modul 4: Analisis Subyek)

ANALISIS SUBYEK (Modul 4)

Diringkas dari: Yulia, Yuyun dan Mustafa, B. (2007). Materi Pokok pengolahan bahan pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.

I

BAHAN PUSTAKA → disajikan → diatur → sistem pengaturan:

1.Berdasarkan kelompok pengguna

2.Berdasarkan kelompok/jenis pustaka

3.Berdasarkan bentuk media

4.Berdasarkan kronologis

5.Berdasarkan klas (tajuk subyek) → Pengindeksan Subyek

II

PENGINDEKSAN SUBYEK:

1.Tajuk Subyek → lewat Analisis Subyek → menghasilkan Indeks Subyek → menghasilkan Klasifikasi

2.Klasifikasi

III

ANALISIS SUBYEK:

1.Konsep:

1). Disiplin ilmu apa (bidang pengetahuan)

·Disiplin Fundamental, misalnya: Ilmu-Ilmu Sosial, Ilmu-Ilmu Terapan.

·Sub Disiplin, misalnya: ilmu ekonomi, ilmu hukum, ilmu kedokteran

2). Fenomena/benda (wujud obyek kajian: obyek ongkrit dan obyek abstrak), misalnya buku berjudul: Pendidikan anak. Pendidikan merupakan konsep disiplin ilmu, sedangkan anak merupakan fenomena yang menjadi obyek atau sasarannya.

3).Bentuk Subyek (cara subyek disajikan):

·Bentuk fisik: buku, majalah, koran, CD-ROM, dsb.

·Bentuk penyajian (pengaturan atau organisasi isi bahan pustaka): menggunakan lambang-lambang, memperhatian tata susunan (abjad, kronologis, sistematik), ditujukan untuk kelompok tertentu (Bahasa Inggis untuk SD)

·Bentuk intelektual (pembahasan suatu subyek), misalnya Filsafat ilmu, Ilmu menjadi subyek sedangkan filsafat adalah bentuk intelektualnya.

2.Jenis Subyek:

1).Subyek dasar (terdiri dari satu disipli atau sub disiplin), misalnya Pengantar hukum

·Subyek dasar: Hukum

·Fenomena: –

·Urutan sitiran: Hukum

2).Subyek sederhana (terdiri hanya satu faset yang berasal dari satu subyej dasar), misalnya: Pengantar ekonomi

·Subyek dasar: Ekonomi

·Fenomena (faset E): Pertanian

·Urutan sitiran: Ekonomi/Pertanian

3).Subyek majemuk (terdiri dari subyek dasar disertai fokus-fokus dari dua atau lebih faset), misalnya: Kurikulum Sekolah Mengengah Atas

·Subyek dasar: Pendidikan

·Fenomena (faset P= jenis): Sekolah Menengah Atas

·Fenomena: (faset E= masalah): Kurikulum

4).Subyek kompleks (bila ada dua atau lebih subyek dasar berinteraksi), misalnya: Mahasiswa dan Politik

3. Deskripsi Indeks, beberapa sistem yang digunakan:

1).Daftar Tajuk Subyek (di Indoensia: Daftar Tajuk Subyek Perpustakaan Nasional)

2).Teasurus

3).Skema Klasifikasi: DDC, UDC, LCC

IV

KLASIFIKASI

A. Tujuan

1 Mengasilkan urutan

2.Penempatan yang tepat

3.Penyusunan mekanis (sistematis)

4.Efektivitas penambahan bahan pustaka

5.Efektivitas penarikan bahan pustaka

B. Sistem Klasifikasi

1).Bersifat universal

2).Pembagian kelas logis dan konsisten

3).Fleksibel

4).Bernotasi sederhana

5).Sistematis

6).Berindeks

7).Memiliki Badan Pengawas

C. Mengenal sistem Klasifikasi: LCC, DDC, UDC