MATAKULIAH PRODUKSI MEDIA: Ringkasan Modul I (Mengenal Media Audiovisual)

Kompetensi Khusus dari Modul I ini: Mahasiswa dapat menjelaskan: karakteristik media audiovisual, era konvergensi dalam media audiovisual, bahasa audiovisual, karakter penonton media audiovisual.

Medium komunikasi mengalami proses cyclic (berulang), walau tidak sama. Dulu orang menggunakan oral/auditory dan visual secara langsung dan bersama saat berkomunikasi. Kemudian dengan menggunakan medium goresan, misalnya pada batu, kayu, dll. Kemudian menggunakan media cetak yang mudah didistribusikan ke lintas daerah. Kemudian dengan menggunakan alat elektronik:  pengeras suara. Kemudian dengan radio, alat perekam suara, telepon, sehingga pesan dapat ditransmisikan melintas wilayah dengan hampir tak terbatasi jarak dan waktu.

Ketika gambar dan suara dapat direkam bersama dan ditransmisikan (misalnya televisi), manusia seolah kembali ke masa di mana orang berkomunikai dengan oral/auditory dan visual secara langsung dan bersama. Tetapi bedanya, komunikasi sekarang dapat dilakukan lintas ruang dan waktu. Selengkapnya…RINGKASAN MODUL: Mengenal Media Audiovisual