KIAT MEWUJUDKAN LAYANAN “DIGITAL LIBRARY” YANG BERKUALITAS

KIAT MEWUJUDKAN LAYANAN “DIGITAL LIBRARY” YANG BERKUALITAS

1. Pengantar

Perkembangan teknologi informasi (disebut TI) telah hampir memasuki semua bidang kehidupan, baik untuk keperluan dinas, bisnis, pendidikan, komunikasi, akses informasi, dsb. Karena akses dengan TI tersebut untuk mendapatkan informasi semakin mudah, informasi apa saja, mulai informasi untuk keperluan rumah tangga, sampai informasi di belahan planet lain. Informasi tersebut mungkin sangat berguna dan sangat dibutuhkan ataupun informasi yang menyesatkan.

Berangkat dari sinilah, perpustakaan maupun pustakawannya perlu mengangkat betapa pentingnya pembelajaran bagi setiap individu yang menggunakan informasi. Dengan TI tidaklah hanya untuk kemudahan dalam “information retrieval” saja, melainkan lebih penting adalah bagaimana mengajak masyarakat yang belajar (learning society) dan membuat individu-individu terlibat di dalamnya menjadi individu-individu yang mau belajar sepanjang masa (long-life learning). Maka tak heran apabila dalam dunia perpustakaan muncul istilah dan konsep “knowledge management” di samping “information management”.

Melihat kenyataan di atas, tulisan ini mencoba membahas suatu harapan untuk mewujudkan layanan “digital library” yang berkualitas ditinjau dari sisi kompetensi pustakawan dengan pemanfaatan TI.

2. Kompetensi Yang Dibutuhkan

Mewujudkan perpustakaan yang baik tidaklah gampang. Baik bisa ditinjau dari berbagai aspek, misalnya besaran koleksi yang ada dan gedung yang representatif, sampai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran komunitasnya. Kebutuhan tersebut antara lain : pemenuhan kebutuhan informasi, rekreasi, innovasi dan kreatifitas, belajar dan pendidikan, penelitian, interkasi dan pengabdian kepada mayarakat, fasilitas untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain, dsb. Untuk mewujudkan semua ini, maka diperlukan kompetensi perpustakaan dan pustakawannya.

2.1 Kompetensi Perpustakaan

2.1.1 Intrastruktur TI
TI merupakan keharusan bagi perpustakaan. TI akan mampu mempercepat, mengakurasi sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan. TI ini minimal harus mempunyai mempunyai jaringan lokal (Local Area Network) dan jaringan global (Wide Area Network).

2.1.2 Isi
Yang dimaksud di sini adalah semua informasi/dokumen, aplikasi, layanan/jasa dan fasilitas pendukung yang akan sediakan.

2.1.3 Sumberdaya Manusia (SDM)
SDM merupakan faktor sangat penting dalam manajemen informasi dan memberikan layanan. Di bawah akan disampaikan uraian kompetensi bagi pustakawan.

2.1.4  Users
Perpustakaan tidak terlepas dari penggunanya. Perpustakaan seyogyanya selalu mengembangkan profil penggunanya, bahkan perlu mengadakan kolaborasi dengan institusi-institusi lain yang tidak hanya terbatas pada jenisnya. Di samping itu, perpustakaan perlu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pengguna dan mitra kerjanya, yaitu dengan kegiataan, survei, promosi dan “user education”.

2.2  Kompetensi Pustakawan

2.2.1  Manajemen Informasi

2.2.1.1  Mencari Informasi dengan :
o    Mendefinisikan kebutuhan infomasi. Ini sangat erat sekali dengan teoritis layanan referensi perpustakaan dengan mengembangkan “WH question”
o    Melakukan penelusuran informasi. Pustakawan harus memiliki keterampilan menelusur informasi termasuk di dalamnya strategi penelusuran, kemampuan menggunakan alat akses informasi dan kemampuan tentang keramakan sumber informasi, dsb.

2.2.1.2  Menggunakan Informasi dengan :
o    Memilah informasi. Membedakan mana informasi yang bermanfaat/dibutuhkan dan mana yang harus disingkirkan.Mengolah dan mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber berbeda dengan mengklasifikasi informasi, mengenali hubungan antar konten yang satu dengan kontek yang lain.
o    Mengevaluasi/menilai infomasi yang diperoleh dengan mengidentifikasi pro-kontra dari sumber yang berbeda.
o    Mengekspresikan informasi dengan menyarikan dan mengidentifikasi informasi yang relevan, mengorganisasi dan menganalisa informasi, membandingkan dengan sumber permasalahan yang ingin dipecahkan sekaligus membuat kesimpulannya.

2.2.1.3   Mengemas ulang informasi.
Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan resensi informasi.

2.2.1.4   Mengorganisasi Informasi.
Tujuan utama perpustakaan ialah agar pengguna memanfaatkan informasi.  Untuk itu pustakawan disamping harus menyediakan “acsess point”, tetapi harus pula mampu melakukan : abstraksi (abstracting) dan peng-indeks-an (indexing). Menggunakan sistem klasifikasi atau taksonomi (tesaurus, tajuk subyek) yang ada.

2.2.1.5  Penyebaran Informasi.
Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan kemampuan menyampaikan informasi dan mempromosikan perpustakaan dan layananya secara keseluruhan.

2.2.2  Kemampuan Berkomunikasi
Yaitu kemampuan pustakawan yang berguna dalam hubungannaya dengan pengguna perpustakaan maupun teman sejawat, yaitu :
o    Komunikasi yang efektif dan bisa mempengaruhi orang lain.
o    Mendengar orang lain dengan
o    Memberikan feedback
o    Mengatasi konflik
o    Mampu melalui mekanisme formal dan informal
o    Mampu membangun “work team”

2.2.3  Berwawasan dan Aplikatif TI
Yaitu wawasan yang harus dimiliki oleh para pustakawan tentang TI sekaligus mampu mengaplikasinya dalam tugas sehari-hari.

2.2.4  Kemampuan Manajerial
Yaitu kemampuan menerapkan manajemen administrasi dengan baik dan menerapkan prinsip-prinsip manajerial yang dikembangkan dari teori manajemen: planning, budgeting, directing/commanding, recruiting, controlling, evaluating, coordinating, punishing/rewarding, delegating, promotion dan reporting.

3.  Penutup
Beberapa kompetensi di atas yang harus dimiliki perpustakaan dan pustakawannya bukan merupakan harga mati, namun mestinya masih banyak yang perlu diungkap. Penerapan kompetensi tersebut tentunya akan tergantung pada sumberdaya yang tersedia dan kegigihan dari para peneglola perpustakaan sendiri dan dukungan dari eksternal perpustakaan.

SUMBER ACUAN

Wicaksono, Hendro  Mengembangkan kualitas dan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi http://hendrowicaksono.multiply.com/journal/item/8

Sloan. Bernie Service perspectives for the digital library remote reference services http://www.lis.uiuc.edu/~b-sloan/e-ref.html
Elkin, Judith Beyond the beginning: the global digital library. Information navigators: future professionals? http://www.cni.org/regconfs/1997/ukoln-content/repor~12.html

Comments are closed.

Skip to toolbar