About me

E-mail: widodo@staff.uns.ac.id

BIO DATA

1. Nama: Widodo

2. NIP: 19591108 198203 1 005

3. Jenis Kelamin: Laki-laki

4. Tempat, tangal lahir : Surakarta, 08 Nopember 1959

5. Pangkat/Gol. Ruang: Pembina Tingkat I/(IV/b), (T.M.T. 1 Oktober 2011)

6. T.M.T. CPNS: 1 Maret 1982

7. Riwayat Pekerjaan dan Jabatan: Staf TU UPT Perpustakaan UNS, 1982-1984; Staf Sirkulasi UPT Perpustakaan UNS, 1984-1988; Ketua Kelompok Sirkulasi, 1988-1997; Ketua Kelompok  Pustakawan Pendidikan Pengguna dan Promosi, 1997-2000; Sistem Administrator 2000-2002; Kasubbag Umum, mulai 01 April 2002; Kasubbag Pendidikan, mulai 01 Desember 2003; Kepala UPT Perpustakaan, mulai 01 Oktober 2010.

8. Alamat Instansi Terakhir: UPT Perpustakaan UNS Jl. Ir Sutami 36 A Surakarta 57126

Telp./Fax 0271-654311

9. Alamat Rumah: Josroyo Indah, Jl. Diponegoro D116, Jaten, Karanganyar 57771, HP 08562999385

10. Riwayat Pendidikan:

a)SD Neg. 122 Belik Surakarta, lulus tahun 1972

b)SMP Neg. 4 Surakarta, lulus tahun 1975

c)SMA Neg. 2 Surakarta, lulus tahun 1979

d)S1 FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Sebelas Maret, lulus tahun 1985

e)Master of Social Sciences (bidang studi Library and Information Studies), University of Tasmania, Australia, lulus tahun 1995

11. Riwayat Pekerjaan:

a)Staf TU UPT Perepustakaan UNS, 1982-1984

b)Staf Sirkulasi UPT Perpustakaan UNS, 1984-1988

c)Ketua Kel. Sirkulasi, 1988-1997

d)Ketua Kel. Pustakawan Pendidikan Pengguna dan Promosi, 1997-2000

e)Sistem administrator 1998-2000

f)Kasubbag Umum UPT Perpustakaan 1 April 2002

g) Kasubbag Pendidikan FISIP, 1 Desember 2003 sampai 30 Septmber 2010

h) Kepala UPT Perepustakaan UNS, mulai 1 Oktober 2010

i) Pengampu matakuliah pada Program Diploma 3 Manajemen Administrasi (sampai Juli 2014) dan Program Diploma 3 Perpustakaan FISIP UNS (sampai Januari 2014), Dosen Luar Biasa Jurusan Sastra Indonesia (Filologi) FSSR UNS sampai sekarang, Tutor UI Program Diploma 2 dan Strata 1 (sampai Maret 2014)

j) Pustakawan Madya UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, 1 Juli 2015

12. Pendidikan-Pelatihan, Seminar, dll.:

1)Penataran Pengantar Kerja Perpustakaan. UNS, 28 Peb. s.d. 5 Maret 1983.

2)Kursus komputer : dBase, CDS/ISIS, di UI, 1991.

3)Workshop : Pengenalan Sumber-sumber Informasi Bagi Penelitian dan Pengembangan, UNS-IDP, 18-19 Peb. 1992.

4)Workshop : Peningkatan Pelayanan Perpustakaan dan Pendidikan Pemakai. UNS-IDP, 28-29 Des. 1992

5)Information Technology Summer School, di The University of Tasmania, Australia, 15 s.d. 19 Peb. 1993.

6)Penataran Perpustakaan Tingkat Lanjut (bagi pustakawan senior), UGM, 11 s.d. 15 Jan. 1994.

7)Workshop : Jabatan Pustakawan. UNS, 27 Peb. 1997

8.)A Training Course in the Application of Dynix Software to Library Management, University of South Australia, Australia, 9 s.d. 27 Peb. 1998.

9)Cataloguing and Circulation Training with Dynix Application, UNS, September 1998.

10)Recall Training, Universitas Lampung, 29 s.d. 31 Mei 2001

11)Diklatpim Tk IV, Sawangan, Depok, tahun 2002.

12)Seminar Nasional “UU No. 32 tahun 2004 & Upaya Mewujudkan Good Governanse” Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, 29 Maret 2005.

13)Seminar dan Workshop “Membangun Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi”, Program Diploma III Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, 3 Oktober 2005.

14)Pelatihan Tenaga Administrasi “Menuju Profersionalisme Layanan Akademik”, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, 01 Juli 2006.

15)Seminar Nasional “Etnisitas, Multikulturalisme, dan Media Massa: Kajian terhadap realitas Indonesia pasca Reformasi 2004-2006, Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret, 28 Nopember 2008.

16)Workshop TOP-Empowering Management Series (TOP EMAS), Universitas Sebelas Maret, 8-9 Desember 2007.

17)Lokakarya Pengembangan Kurikulum Program Diploma III Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, 23 Januari 2008.

18)Lokakarya Penyusunan Silabus dan Sinkronisasi Materi Perkuliahan, Program Diploma III Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, 14 Mei 2008.

19)Executive Workshop on Digital Library, Universitas Bina Nusantara, Jakarta, 28-29 Juli 2008

20)Pelatihan (Non Degree Training) Bidang Design New Human Resources Management System: Planning Of The Current Hrm System That Covers Productivity Of Academic Staff, Managerial Staff, Technician, And Administrative Staff Dalam Rangka Implementasi Hibah I-Mhere Sub Component B.2.A Di Institut Pertanian Bogor 25 Agustus S.D. 05 September 2008

21)Peltihan Teknologi Informasi: Pemanfaatan Video Conference dan Pembuatan Blog pada Situs Web, UPT Pusat Komputer, 25-26 Nopember 2008.

22)Seminar “Libraries and democracy” Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, UI, Depok, 18 Juni 2009.

23)Pelatihan E-Learning, Program Diploma III Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, 6 Nopember 2009.

24)Peserta Workshop Pengelolaan Website Universitas Sebelas Maret, UNS, 2 Desember 2009.

25)Loakarya: Membangun E-Administration, FISIP UNS, 30 Desember 2009.

26)Peserta Sosialisai Peraturan Presiden No, 54 Tahun 2010, tentang Pengadaan Barang dan Jasa

27) Peserta Rapat Koordinasi Pengembangan Koleksi Nasional, 1-2 Desember 2010, di Hotel Mellineum Jakarta, oleh Perpustakaan Nasional R.I.

28)Peserta Workshop “Revitalisasi Pendidikan Perpustakaan dan Profesi Pustakawan” diselenggarakan pada tanggal 21 Desember 2010, oleh Program Diploma III Perpustakaan FISIP Universitas Sebelas Maret.

29)Peserta Seminar Nasional “Strategi Meningkatkan Daya Saing Bangsa” diselenggarakan pada tanggal 15 Maret 2011, di Universitas Sebelas Maret.

30) Diklatpim Tk III, Bojongsari, Depok, 17 Mei s.d. 5 Juli 2011.

31) Peserta “Higher Education Administartors Training (HEAT) With Prof. John C. Weidman & Prof. W. James Jacob from the Univesity of Pittsburgh, USA, tanggal 11-14 Juli 2011, di Universitas Sebelas Maret.

32) Peserta Seminar Internasional “Challenges and Opportunities of Libraries in the Digital Age and Behavior Change Information”, FKP2TN dan CISRAL UNPAD Bandung, 18 Juli 2011.

33) Peserta Workshop Pengembangan Struktur Organisasi dan Tupoksi Sistem Penjaminan Mutu Universitas Sebelas Maret, tanggal 6 Oktober 2011, di Universitas Sebelas Maret.

34) Peserta Rapat Kerja Pusat XVII dan Seminar Ilmiah Nasional, Ikatan Pustakawan Indonesia. Tema: “Sertifikasi Profesi Pustakawan Indonesia”, Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Sulawesi Utara, tanggal 11-13 Oktober 2011.

35) Peserta Workshop Kerjasama PERPUN Malaysia (Persidangan Perpustakaan Akademik dan Perpustakaan Negara) dengan FKP2T Indonesia  (Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri, di International Islamic University Library, Malaysia, 24 Nopember 2011, dilanjutkan kunjungan ke Kualalumpur  Library dan Singapore Management University Library.

36) Narasumber dalam  “Workshop Otomasi Perpustakaan dengan Software Senayan”, UPT Perpustakaan Universitas SebeLas Maret, tanggal 6-7 Desember 2011.

37) Peserta Seminar Nasional Pengembangan Profesi Pustakawan, tanggal 20 Desember 2011, di ITS.

38) Peserta Lokakarya Analisis dan Evaluasi Jabatan dalam rangka Pemeringkatan Jabatan di lingkungan Universitas Sebelas Maret, 30-31 Januari 2012, di UNS.

39) Narasumber Seminar  “Temu Ilmiah dan Rapat Kerja Ikatan Pustakawan  Indonesia (IPI) Surakarta Tahun 2012 dengan tema “Menuju Profesionisme Pustakawan di Era Teknologi Informasi”, tanngal 14 Pebruari 2012

40) Peserta Workshop Masterplan Program Percepatan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI), 9 Maret 2012, di Universitas Sebelas Maret.

41) Peserta Seminar Nasional “Libraries: Past, Present and Future. 15 Maret 2012, di Gedung UC Universitas Gadjah Mada.

42) Peserta Seminar Nasional “Intergrated Document Soution sebagai Langkah Sukses Menuju Universitas Modern”, 23 Pebruari 2012, di Universitas Sebelas Maret.

43) Narasumber Workshop “Penerapan E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Problem Based Learning (PBL) di Fakultas Kedokteran UNS”. Kusuma Sahid Prince Hotel, Solo, 10-11 April 2012.

44) Peserta Seminar dan Musyawarah Nasional Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi, tanggal 26 April 2012, di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

45) Peserta Workshop Strategi Peraihan dan Implementasi ISO 9001:2008 dan Akreditasi Internasional, 23 Mei 2012, di Universitas Sebelas Maret.

46) Peserta Pelatihan “Pembuatan dan Penerbitan E-Journal dengan Menggunakan Perangkat Lunak OJS (Opensource Journal System) Berbahasa Indonesia, tanggal 10-12 Juli 2012, di Universitas Sebelas Maret.

47) Peserta dan Moderator Rakor Teknis di Bidang Perpustakaan, Badan Arsip & Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, tanggal 17 Juli 2012, di Hotel Dana Solo.

48) Peserta Seminar Internasional “Reinventing Academic Libraries: Menata Ulang Manajemen Perpustakaan dalam Rangka Mendukung Perguruan Tinggi yang Berkeunggulan Global”, FKP2TN, 2 Oktober 2012 di Hotel Asia Solo.

49) Pemakalah dalam Lokakarya Sistem Manajemen Perpustakaan ISI Surakarta ke Depan, di Institut Seni Indonesia Surakarta pada tanggal 25 September 2012.

50) Peserta “Konferensi Pergustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-5, Labuan Bajo, Flores, NTT, 16-19 Oktober 2012.

51) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartosuro, Sukoharjo, pada tanggal 2 s.d. 5 Desember 2012.

52) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Grand Setiakawan, Surakarta, pada tanggal 20 s.d. 27 Januari 2013.

53) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Kusuma Kartikasari, Surakarta, pada tanggal 31 Maret s.d. 14 April 2013

54) Peserta Seminar Nasional “Revitalisasi Perpustakaan: Membangun Kreativitas Bangsa”  diselenggarakan oleh  Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya, 23 April 2013.

55) Peserta Workshop “Grand Desaign Perpustakaan, diselenggarakan oleh ISIPII bekerjasama dengan Perpustakaan UI dan FPPTI, Jakarta 26-27 Juni 2013.

56) Peserta Seminar Nasional Motivasi Bagi Pengelola Perpustakaan “Sukses dan Mulia Menuju Perpustakaan Madani”, diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan UNDIP dan Yayasan Putera Sampoerna, di Hotel Grasia Semarang, 29 Juni 2013.

57) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Kusuma Kartikasari, Surakarta, pada tanggal  30 Juni-7 Juli 2013.

59) Peserta International Conference of 1st Forum on Library Consortia, Resource Sharing & Future Networks (Organized in Conjuction with Asian University President Forum 2013), di Resort Hotel, Langkawi Island, Malaysia, pada tanggal 5 s.d. 7 Oktober 2013.

60) Peserta Pelatihan Tenaga Kependidikan Bidang Perpustakaan Tingkat Manajer, oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, di Hotel Patrajasa, Semarang, pada tanggal 9 s.d. 12 Oktober 2013.

61) Peserta Lokakarya Perumusan Kebijakan Rektor tentang Kerjasama dan Pengembangan Usaha Universitas Sebelas Maret, diselenggarakan oleh Komisi E Senat Universitas Sebelas Maret, pada tanggal 17 Oktober 2013.

62) Peserta Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia ke-6 (KPDI 6), diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas Brawijaya, Perpustakaan Nasional R.I. dan Perpustakaan Kota Malang, di Hotel Harris Malang, pada tanggal 12-14 November 2013.

63). Peserta Talkshow Kepustakawanan “Kerjasama dan Sinergi Perpustakaan di DIY melalui Pemanfaatan TIK”, di Perpustakaan UGM, 1 Maret 2014.

64) Narasumber Rapat Koordinasi Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN), di Amanda Hills Bandungan, Kabupaten Semarang, 13-14 Maret 2014.

65) Peserta Seminar Penulisan Buku Ilmiah Populer & Bedah Buku, di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 26 Maret 2014.

66) Narasumber Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Swasta Kota Surakarta, diselengarakan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surakarta, tanggal 14 s.d. 17 April 2014 di Hotel Loji Surakarta.

67) Peserta Seminar “Diseminasi Informasi Local Content: Peluang dan Tantangan dari Sisi Pandang Cyberlaw, UPT Perpustakaan UNS, 18 Juni 2014.

67) Peserta Pendidikan dan Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan Angkatan X Tahun 2014. diselenggarakan 25 Agustus s.d. 12 September 2014 oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Perpustakaan Nasional R.I., di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan DKI Jakarta.

68) Narasumber Seminar Mensinergikan Tugas-tugas Kepustakawanan dan Proyeksi Karier Pustakawan, 7 Oktober 2014, di UPT Perpustakaan UNS.

69) Peserta Lokakarya Pengembangan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi, 20-21 Oktober 2014, di Universitas Sebelas Maret.

70) Peserta Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-7, 10-13 November 2014, di Hermes Palace Hotel , Banda Aceh.

71) Peserta Seminar dan Workshop “Pemasyarakatan Perencanaan Menghadapi Bencana”, 27-28 Mei 2015, Auditorium PNRI.

72) Peserta Seminar Nasional “Nasionalisme dan Pemikiran Bung Karno Untuk Indonesia”, 15 Juni 2015, di Pusdiklat UNS.

73) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartasura, pada tanggal 13 April 2015.

74) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Grand Setiakawan, Surakarta, pada tanggal 6 Juni 2015.

75) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Mahkota, Tuban, pada tanggal 19 Agustus 2015.

76) Elsevier eBook Forum 2015-SEA, dengan tema eBook: Putting Libraians and Researchers in the Know, 7 s.d. 9 September 2015, di Royal Plaza on Scotts Singapore.

77) Study Visit (Benchmarking): Tun Sri Lanang Library–Universiti Kebangsaan Malaysia dan Libray of Monash University Malaysia, 16 s.d. 18 September 2015

78) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Grand Setiakawan, Surakarta, pada tanggal 28 September 2015.

79) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Dinas Pendidikan, Pacitan, pada tanggal 4 Oktober 2015.

80) Narasumber dalam Bimbingan Teknis  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah di Lingkup Kabupaten Madiun, diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Madiun, di Ruang Rapat Kompleks Kantor Bupati Madiun,  pada tanggal 21-22 Oktober 2015.

81) Peserta Workshop Penulisan Karya Ilmiah & Pengembangan Softskill, UPT Perpustakaan UNS, 29 Desember 2015.

82) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartasura, pada tanggal 18 Januari 2016.

83) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Riyadi Palace, Surakarta, pada tanggal 11 April 2016.

84) Narasumber dalam Bimbingan Teknis  dengan materi Pengolahan Bahasa Pustaka dan Pengantar E-book  diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, pada tanggal 20 April 2016.

85) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Mahkota, Tuban, pada tanggal 26 Mei 2016.

86) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartasura, pada tanggal 18 Juli 2016.

87) Peserta Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-9, 8-11 November 2016, di Hotel Singgasana, Makassar.

88). Narasumber dalam Bimbingan Teknis Calon Kepala Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Griya Dharma Kusuma, Bojonegoro, pada tanggal 21 November 2016.

89) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartasura, pada tanggal 19 Desember 2016.

90) Narasumber dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartasura, pada tanggal 12 Mei 2017.

91) Narasumber dalam Sosialisasi Literasi Perpustakaan Digital, diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Karanganyar, di Laboratorium SMA Negeri 1 Karanganyar, pada tanggal 19 September 2017.

 

13. Penguasaan Bahasa: Indonesia dan Inggris

14. Keanggotaan dalam Organisasi/profesi:

Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia cabang Surakarta, 1996-1998.

15. Karya Tulis:

1)Karya Tulis Trend layanan refenrensi di tahun 1990-an dalam Media pustaka Universitas Sebelas Maret Tahun II No. 2 Juni 1993.

2)Problematika pengadaan bahan pustaka : pengamatan di lapangan dalam Buletin FKP2T Tahun II No. 2 Juli-Des. 1997.Arikel PROBLEMATIKA_KOLEKSI-1

3)Mengembangkan program pendidikan pengguna perpustakaan, bagian satu : definisi dan konsep dalam Buletin FKP2T Tahun IV No. 2 Juli-Des.1999. Artikel PENDD_PENGGUNA-1 PENDD_PENGGUNA-1_2

4)Mewujudkan otomasi perpustakaan : perlu persiapan yang cermat dalam Buletin FKP2T Tahun IV No. 1 Jan.-Juni 1999.

5)Collection development : a draft for a policy statement dalam Media Pustaka Th. Ke VI No. 1 Des. 1996.

6)Pendidikan pengguna pada perpustakaan perguruan tinggi : prediksi tentang kendala pelaksanaannya dalam Media Pustaka No. 2 V.1, 1995

7)Teknologi informasi untuk perpustakaan, makalah dalam Seminar Teknologi Informasi di Universitas Lampung, tahun 2002

8.)Menuju otomasi perpustakan dalam Buletin UNS Juni 1997

9)Menyikapi arus informasi dalam Buletin UNS Maret 1997

10)Kasus-kasus dalam pangkalan data, makalah disampaikan dalam Lokakarya : Mempersatukan persepsi dalam rangka membentuk pangkalan data dengan aplikasi Dynix guna menuju otomasi perpustakaan di UPT Perpustakaan UNS 5 Maret 1999

11)Perpustakaan sekolah : fungsi dan layanannya Disampaikan dalam Penataran dan pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, 20 Nopember 1996

12)Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 72 Tahun 1999 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan : bidang layanan Disampaikan dalam Lokakarya Sosialisasi Jabatan Pustakawan UPT Perpustakaan UNS, 21 Oktober 2000.

13)Operasional dasar modul sirkulasi Disampaikan dalam Technical Assistance Dalam Penerapan Sistem Dynix UPT Perpustakaan Unila, 8 s.d 13 Juni 1998.

14)Jaringan komputer perpustakaan : alternatif penataannya Disampaikan dalam Technical assistance Dalam Penerapan Sistem Dynix UPT Perpustakaan Unila, 8 s.d 13 Juni 1998.

15)Flowchart penelusuran informasi dengan PAC Disampaikan dalam Technical assistance Dalam Penerapan Sistem Dynix UPT Perpustakaan Unila, 8 s.d 13 Juni 1998.

16)Operasional dasar modul PAC Disampaikan dalam Technical assistance Dalam Penerapan Sistem Dynix UPT Perpustakaan Unila, 8 s.d 13 Juni 1998.

17)Pengantar komputerisasi perpustakaan Disampaikan dalam Technical assistance Dalam Penerapan Sistem Dynix UPT Perpustakaan Unila, 8 s.d 13 Juni 1998.

18)Membangun perpustakaan digital : teknis input data berbasis software GDL. Disampaikan dalam Semiloka Membangun Perpustakaan Digital (Digital Library) UPT Perpustakaan UNS, 5 April 2003

19)Membangun database abstrak artikel jurnal berbasis aplikasi Dynix Disampaikan dalam Lokakarya Membangun Pengkalan Data (Database) abstrak dan Indeks jurnal ilmiah dan recall training dengan aplikasi Dynix UPT Perpustakaan UNS 15-16 April 2002.

20)Mengelola koleksi audiovisuals Disampaikan dalam Semiloka “Total Quality Management (TQM) Dalam Perbaikan Kualitas Pelayanan dan Pengelolaan Pustaka Pandang Dengar di STSI Surakarta, tanggal 7 April 2004. Makalah makalah_av

21)Pemberdayaan data melalui “recall” dalam aplikasi dynix. Disampaikan dalam acara Pelatihan Cataloguing, 31 Maret 2005 di UPT Perpustakaan UNS. Makalah lok_recall_pres

22)Membangun “digital library” perguruan tinggi disampaikan dalam Technical Asistance, tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2005 di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Makalah digital-lib_concept

23)Kebijakan pengembangan “digital library” disampaikan dalam Technical Asistance, tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2005 di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Makalah digital_lib_pengembangan

24)Membuat laporan : bagian sirkulasi disampaikan dalam Technical Asistance, tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2005 di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Makalah dynix_laporan

25)Manajemen informasi “digital library” disampaikan dalam Technical Asistance, tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2005 di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Makalah informasi_manajemen

26)Studi kasus dalam implentasi otomasi perpustakaan: pengalaman membangun database bibliografis di upt perpustakaan uns disampaikan dalam Technical Asistance, tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2005 di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Makalah kasus_implementasi

27)Kiat mewujudkan layanan “digital library” yang berkualitas disampaikan dalam Technical Asistance, tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2005 di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Makalah kualias_layanan

28)Menguak peran pustakawaan dalam era “digital library” disampaikan dalam Technical Asistance, tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2005 di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Makalah peran_pustakawan

29)Eksplorasi data melalui “recall” dalam aplikasi dynix disampaikan dalam Technical Asistance, tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2005 di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Makalah recall_makalah

30)Sekilas tentang katrakteristik modul katalogisasi, Disampaikan dalam seminar dan workshop “Membangun Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi”, oleh Program DIII Perpustakaan Fisip UNS, di R. Seminar Fisip UNS, 3 Oktober 2005. Makalah cataloging-modul_artikel

31)Sekilas tentang karakteristik modul sirkulasi, Disampaikan dalam seminar dan workshop “Membangun Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi”, oleh Program DIII Perpustakaan Fisip UNS, di R. Seminar Fisip UNS, 3 Oktober 2005. Makalah circulation_control_artikel

32)Membangun perpustakaan sekolah berbasis teknologi informasi : aspek manajemen, Disampaikan dalam seminar dan workshop “Membangun Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi”, oleh Program DIII Perpustakaan Fisip UNS, di R. Seminar Fisip UNS, 3 Oktober 2005. Makalah manajemen_perp_sekolah_makalah

33)Mencari Model Otomasi Perpustakaan UNS: Usulan. Artikel oto_perp_model_artikel

34)Membangun Automasi Perpustakaan: tinjauan kebutuhan spesifikasi software. Makalah disampaikan dalam Seminar “Membangun Automasi Perpustakaan”, ISI Surakarta, 13 Juli 2009. Makalah membangun-otomasi-perpus_sekolah

35)Membangun Jaringan Alumni Program Diploma III Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosiald dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret. Makalah disampaikan dalam Temu Alumni dan Worshop Membangun Jaringan Alumni Program Diploma III Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosiald dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, di FISIP UNS, pada tanggal 12 Agustus 2009. Makalah membangun_jaringan_ikapus_uns

36)Karya Ilmiah dan Data Base Schoolar dalam Digital Library UNS. disampaikan dalam Lokakarya “Pengelolaan Data Base Profil dan Karya Ilmiah Dosen Terbadu Berbasis Website” di Universitas Sebelas Maret, pada tanggal 28 Juli 2011. Makalah digital_library,

37) Pengenalan Otomasi Perpustakaan dan Pengenalan Software Senayan. disampaikan pada “Workshop Otomasi Perpustakaan dengan Software Senayan”, UPT Perpustakaan Universitas SebeLas Maret, tanggal 6-7 Desember 2011. Makalah PENGENALAN_AUTO_PERP

38) Peran dan Karakteristik Pustakawan di Era Teknologi Informasi, disampaikan pada “Temu Ilmiah dan Rapat Kerja Ikatan Pustakawan  Indonesia (IPI) Surakarta Tahun 2012 dengan tema “Menuju Profesionisme Pustakawan di Era Teknologi Informasi”, tanngal 14 Pebruari 2012. PROF_PUST_TI_IPI

39) Kontribusi Digital Library UNS  Dalam Implementasi E-Learning.  Disampaikan dalam Workshop “Penerapan E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Problem Based Learning (PBL) di Fakultas Kedokteran UNS” pada tanggal 11 April 2012, di Kusuma Sahid Price Hotel, Solo. Naskah selengkapnya E_LERANING_DIGITAL_LIBRARY

40) MEMPERTAJAM MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI: Kilas Mimpi Dari Perpustakaan UNS ke Perpustakaan ISI Surakarta, dipresentasikan dalam Lokakarya Sistem Manajemen Perpustakaan ISI Surakarta ke Depan, di Institut Seni Indonesia Surakarta pada tanggal 25 September 2012. Naskah selengkapnya MENATA_ULANG_PERP_PT_ISI

41) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH Disampaikan dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartosuro, Sukoharjo, pada tanggal 2 s.d. 5 Desember 2012. MANAJEMEN_PERPUSTAKAAN SEKOLAH

42) PENGANTAR AUTOMASI PERPUSTAKAAN Disampaikan dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartosuro, Sukoharjo, pada tanggal 2 s.d. 5 Desember 2012. PENGANTAR AUTOMASI PERPUSTAKAAN

43) PENGANTAR PERPUSTAKAAN DIGITAL Disampaikan dalam Diklat  Pengelolaan Perpustakaan, diselenggarakan oleh Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret, di Hotel Pramesti, Kartosuro, Sukoharjo, pada tanggal 2 s.d. 5 Desember 2012. PENGANTAR_PERPUSTAKAN_DIGITAL

44) Strategi Pengembangan Model Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Melalui Pendekatan Total Quality Management (TQM) diprersentasikan dalam Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Swasta Kota Surakarta, diselengarakan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surakarta, tanggal 14 s.d. 17 April 2014 di Hotel Loji Surakarta. STRATEGI PENGEMBANGAN MODEL PELAYANAN THD KEPUASAN PENGUNJUNG PERP

45) Pustakawan Tidak Boleh Menyerah Oleh DUPAK (Daftar Usul Penetapan Angka Kredit) disampaikan dalam Seminar Mensinergikan Tugas-tugas Kepustakawanan dan Proyeksi Karier Pustakawan, 7 Oktober 2014, di UPT Perpustakaan UNS.Pustakawan Tidak Boleh Menyerah Oleh DUPAK

46) PENDESKRIPSIAN DATA BIBLIOGRAFIS (KATALOGISASI) BAHAN PERPUSTAKAAN.Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, pada tanggal 20 april 2016. DESKRIPSI BIBLIOGRAFIS

47) PENGANTAR E-BOOK. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, pada tanggal 20 april 2016. EBOOK

48) INVENTARISASI BAHAN PERPUSTAKAAN. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, pada tanggal 20 april 2016. INVENTARISASI

49) MENGKLASIFIKASI DAN MENENTUKAN TAJUK SUBJEK BAHAN PERPUSTAKAAN. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, pada tanggal 20 april 2016. KLASIFIKASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar